Add Expires Headers: Cara Bikin Loading Blog Jadi Lebih Cepat

Punya kendala dengan add expires headers pada GTmetrix? Ini tutorialnya cara setting add expires headers untuk mempercepat loading blog.
Add Expires Headers: Cara Bikin Loading Blog Jadi Lebih Cepat
Add Expires Headers. (Gambar: AdityaTekno/Aditya Nur Kahfi)

Blog Aditya - Saat men-cek kecepatan loading blog menggunakan GTMetrix pasti kamu pernah kan mendapat rekomendasi untuk "Add Expires Headers"? 

Rekomendasi itu biasanya terkait dengan kendala loading lambat. Jika diabaikan bisa membuat pengunjung blog kamu jadi kurang nyaman dan ranking di hasil penelusuran bisa turun loh!

Apa kamu mau pengunjung blogmu jadi turun terus bete gara-gara loading blog lambat? Tentu saja tidak mau kan? Jadi, jangan sampai hal ini terjadi pada blog kamu, ya! 

Nah, itulah kenapa penting untuk mengelola add expires headers dengan baik. Tujuannya apa, tujuannya untuk mempercepat loading blog dengan memanfaatkan cache.

Lalu, bagaimana cara menambahkan expires header di blog (blogspot/blogger)? Saya akan memberikan tutorialnya dibawah. Tapi sebelum itu, alangkah baiknya mari pelajari dulu apa itu Expires Headers.

Apa Itu Expires Header?

Expires header adalah suatu baris kode yang tugasnya memberitahu browser berapa lama seharusnya file cache sebuah situs disimpan. 

Maksudnya gini: Ketika pengunjung pertama kali mengunjungi sebuah halaman blog atau website, browser biasanya akan otomatis memuat file dari server. Nah, file tersebut bisa berupa HTML, Images, Video, PDF, CSS, Javascripts, dan lain sebagainya. File yang diterima kemudian disimpan di cache. File yang dimuat tadi kemudian disimpan di cache.

Jadi, jika pengunjung ingin membuka halaman yang sama, browser cukup mengambil dari cache yang sudah tersimpan tadi, tanpa meminta ke server lagi.

Lalu, berapa lama seharusnya file tadi tersimpan di browser cache?

Nah, karena cache memiliki masa kedaluarsa (expired), penting untuk menentukan expires header yang sesuai. 

Mengapa?

Karena jika expires header-nya terlalu cepat, maka akan selalu ada permintaan langsung ke server. Selain proses loading lama, bisa-bisa anda mendapatkan peringatan seperti, "Your server is not using expires header for your image" atau dalam bahasa Indonesia-nya "Server anda tidak memiliki expires header untuk image-nya). 

Di sisi lain juga, jika expires header terlalu lama, perubahan konten yang dilakukan tidak dapat segera ditampilkan. Karena browser masih menampilkan data lama yang tersimpan di cache.. 

Jadi, bisa dikatakan kalau dengan menentukan add expires header, anda masih bisa mengatur kapan waktu bagi browser harus mengambil file ke server. Dan kapan browser cukup mengambil file dari cache saja. 

Sampai disini sudah paham kan? Sudah ada gambaran kan bagaimana cara kerja dari expires header? Jika sudah paham, mari lanjut ke cara pemasangan add expires headers agar loading blog menjadi lebih cepat.

Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers

Sebelum menerapkan metode ini, alangkah bainya kamu cek terlebih dahulu apakah kode expires header sudah terpasang belum di template blog kamu. Karena jika sudah terpasang bisa langsung dilewati saja tutorial pemasangan kode expires header.

Cara Memasang Kode Expires Headers di Blog

  1. Buka dashboard Blogger.
  2. Pilih menu Tema.
  3. Klik Edit HTML.
  4. Kemudian salin kode dibawah dan tempelkan dibawah kode <head>.
    <include expiration='7d' path='*.css'/>
    <include expiration='7d' path='*.js'/>
    <include expiration='3d' path='*.gif'/>
    <include expiration='3d' path='*.jpeg'/>
    <include expiration='3d' path='*.jpg'/>
    <include expiration='3d' path='*.png'/>
    <meta http-equiv="expires" content="fri, 02 jun 2023 00:00:00 GMT"/>
  5. Simpan Tema.

Sekarang bisa cek kembali kecepatan blog kamu di GTMetrix, dan lihat hasilnya.

Catatan: Biasanya perubahan expires header di bagian Yslow pada halaman GTmetrix bisa di lihat hasilnya sehari kemudian, tapi jika pengujian kecepatan blog anda sudah ada perubahan, berarti proses penambahan script sudah berhasil.

Saatnya Mengatur Expires Headers di Blog Kamu Agar Lebih Cepat!

Sekarang kamu sudah tahu bahwa salah satu cara untuk mempercepat loading blog yaitu dengan mengatur expires headernya. Kamu dapat menentukan berapa lama cache menyimpan file sementara di browser sehingga tak perlu selalu meminta ke server.

Meski begitu, kamu juga perlu melakukannya sesuai kebutuhan blog agar hasil yang didapat maksimal. Jangan lupa selalu lakukan pengecekan kecepatan blog secara berkala. Tujuannya apa, tujuannya untuk menjamin kenyamanan pengunjung dan mempertahankan posisi terbaik di hasil pencarian Google.

Ingat selalu bahwa kecepatan loading juga bisa mempengaruhi peringkat blog kamu di hasil pencarian Google. Jadi saran saya, lakukan pengecekan website secara rutin ya! 

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya! 

Sumber referensi: www.adityatekno.com, www.niagahoster.co.id

Hai, Aku Aditya Nur Kahfi, biasa dipanggil Adit. Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Founder AdityaTekno.com dan juga Editor Berita di Portal Berita Lokal.

Posting Komentar

© Blog Aditya. All rights reserved. Developed by Jago Desain